10 Mei 2013

Cybercrime di Indonesia

Ada beberapa fakta kasus cybercrime yang sering terjadi di Indonesia,diantaranya adalah :


1. Pencurian Account User InternetMerupakan salah satu dari kategori Identity Theft and fraud(pencurian identitas dan penipuan), hal ini dapat terjadi karenapemilik user kurang aware terhadap keamanan di dunia maya,dengan membuat user dan password yang identik atau gampangditebak memudahkan para pelaku kejahatan dunia maya inimelakukan aksinya.

2. Deface (Membajak situs web)Metode kejahatan deface adalah mengubah tampilan websitemenjadi sesuai keinginan pelaku kejahatan. Bisa menampilkantulisan-tulisan provokative atau gambar-gambar lucu. Merupakansalah satu jenis kejahatan dunia maya yang paling favorit karenahasil kejahatan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat.

3. Probing dan Port ScanningSalah satu langkah yang dilakukan cracker sebelum masuk keserver yang ditargetkan adalah melakukan pengintaian. Cara yangdilakukan adalah dengan melakukan “port scanning” atau “probing” untuk melihat servis-servis apa saja yang tersedia diserver target. Sebagai contoh, hasil scanning dapat menunjukkanbahwa server target menjalankan program web server Apache,mail server Sendmail, dan seterusnya. Analogi hal ini dengandunia nyata adalah dengan melihat-lihat apakah pintu rumah andaterkunci, merek kunci yang digunakan, jendela mana yangterbuka, apakah pagar terkunci (menggunakan firewall atau tidak)dan seterusnya.

4. Virus dan TrojanVirus komputer merupakan program komputer yang dapatmenggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebardengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program ataudokumen lain. Trojan adalah sebuah bentuk perangkat lunak yangmencurigakan (malicious software) yang dapat merusak sebuahsistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperolehinformasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatatdalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target(memperoleh hak akses pada target).

5. Denial of Service (DoS) attackDenial of Service (DoS) attack adalah jenis serangan terhadapsebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengancara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputertersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankanfungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegahpengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputeryang diserang tersebut.



Posted By : Selfi Harlena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar