20 Maret 2013

Etika Berinternet



·  Jagalah kehormatan anda diinternet sebagai mana anda menjaga dalam kehidupan nyata. Jangan hanya karena anda merasa tidak dikenali lalu berlaku kasar dan tidak pantas.
·  Ingatlah bahwa diinternet anda berhubungan dengan manusia, bukan hanya komputer. Perlakukan mereka sebaik perlakuan yang anda inginkan dari mereka. Bisa juga sebaliknya, perlakuan yang anda terima akan sepadan dengan cara anda memperlakukan mereka.
·  Jangan memboroskan bandwidth dan waktu akses dengan mengirim grafik, gambat dan sebagainya kecuali jika memang tidak terhindarkan.
·  Jangan terdorong untuk menjadi kontrofersi. Dunia informasi penuh dengan keragaman, hargai pendapat orang lain dan jangan memaksakan pendapat. Jangan memulai/profokasi pertengkaran yang dapat memecah belah.
·  Berbagilah pengetahuan yang berharga. Internet akan berkembang terus dan akan semakin mudah diakses. Saling berbagilah untuk meningkatkan kualitas diri.
·  Hindarkan anak-anak dari informasi yang tidak sesuai bagi pertumbuhannya. Internet adalah sebuah informasi tanpa batas dan sangat mudah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Awasilah anak anda saat mereka menggunakan internet.
·  Jangan melanggat hukum. Hukum yang berlaku didunia nyata banyak juga yang berlaku diinternet, termasik hak perorangan, kecurangan dan penyesatan. Hak merk, gangguan, hujatan dan masalah kesahan berlaku. Wajarlah jika seperti didunia nyata.
·  Hormatilah privasi perseta lainnya. Jangan menyebarkan alamt email orang tanpa izin seperti halnya kita tidak menyebarkan nomer seseorang sembarangan. Jangan juga mendaftarkan email orang lain ke milis atau newsgroup tanpa seizin yang bersangkutan.
·  Jangan memanfaatkan keberadaan anggota group untuk tujuan lain. Keberadaan banyak orang diinternet memang dapat dimanfaatkan untuk bisnis, tetapi tidak semua milis pantas untuk itu.
·  Bersiaplah memaafkan kesalahan orang. Internet dihuni oleh banyak orang, bukan komputer. Dan manusia dapat saja berbuat salah. Lakukan pembetulan secepatnya dan jangan segan untuk bertanya atau minta bantuan.


Posted By : Sari Widiastuty 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar